KETUA POKER

Sabtu, 12 Januari 2019

Thailand, Buah Durian Dibakar Dengan Kulit

Thailand, Buah Durian Dibakar Dengan Kulit 




Buah durian merupakan buah yang banyak terdapat di daerah tropis. Kulitnya yang berduri dan dagingnya yang pekat mebuat buah ini dujuluki sebagai raja buah-buahan.

Buah durian memiliki banyka jenis dan mempunyai ciri khas masing-masing. Ada yang berbiji besar, berdaging tebal, memiliki rasa sedikit pahit dan berwarna kuning.

Biasaya durian dikonsumsi secara langsung atau dijadikan campuran sebagai bahan es dan diolah menjadi makanan riagan.

Akan tetapi ada cara terbaru untuk menikmati durian dengan cara yang tidak biasa yaitu dengan cara dibakar.

Di Thailand, buah durian dibakar dengan kulit yang masih utuh di perapian terbuka dengan api kecil selama 45 menit. Setelah itu warna kulit akan berubah menjadi hitam, buah durian diangkat dan siap disajikan.

Thailand, Buah Durian Dibakar Dengan Kulit 


Durian yang sudah dibakar kulitnya menjadi tidak keras dan mudah untuk diiris. Menurut mereka yang sudah mencobanya, durian bakar ini memiliki rasa yang lebih manis dan tekstur daging yang lebih creamy.

Durian bakar diperkirakan tren berawal dari Negeri Jiran, Malaysia. Namun, karena kecepatan internet, tren ini berkembang hingga Thailand sejak 2016.

Bahkan, di Thailand terdapat vendor makanan yang mempopulerkan durian bakar ini. Di beberapa wilayah, misalnya Provinsi Phitsanulok menu ini banyak digemari masyarakat hingga menimbulkan antrian panjang di gerai penjualannya.




Untuk masalah harga, durian bakar dijual dengan harga lebih mahal daripada durian segar biasa. Buah durian biasa dijual dengan harga 120 baht per kilogram atau sekitar Rp 52.000. Sementara, durian bakar dijual lebih tinggi, 250 baht atau sekitar Rp 110.000 per kilogram.

Durian bakar ini banyak ditemui saat musim panen durian tiba, sekitar awal April hingga pertengahan Juni.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.