KETUA POKER

Kamis, 28 Februari 2019

Puluhan Hektar Lahan Pertanian Rusak Akibat Ulah Puluhan Moyet

Puluhan Hektar Lahan Pertanian Rusak Akibat Ulah Puluhan Moyet




Informasi datang dari Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan yang sekarang ini sedang mengalami kesulitan yang diakibatkan oleh sekumpulan monyet yang merajarela dan bahkan sudah meresahkan masyarakat petani di Sipirok.

Pengurus Forum Petani Sipirok Herman Harahap, mengeluhkan sekumpulan monyet yang merusak laha pertanian / perkebunan serta masuk ke perkampungan warga.

Dua tahun terakhir ini perkembangan hewan Omnivora itu cukup ramai hingga merusak pertanian warga di Lembah Tor (gunung) Sibohi dan tor Sibual-bulai.




Lahan pertanian di Desa Lembah itu seperti buah-buahan, ubi, cabai, coklat, padi, kopi, dan pisang semua sudah rusah akibat serangan hama moyet tersebut.

Puluhan Hektar Lahan Pertanian Rusak Akibat Ulah Puluhan Moyet


Warga petani Desa Sumuran, Desa Parsorminan, Desa Paran Dolok, Desa Huta Baru, Desa Padang Bujur, Desa Mandura sudah sangat putus asa unutk bercocok tanam di lembah itu




Lahan petani yang rusak menimbulkan dampak terhadap perekonomian warga setempat. Sebenarnya para warga ingin mengahabisi hama monyet tetapi tidak tahu caranya lagi. Segala cara sudah mereka coba tapi monyet-monyet itu tetap tidak meninggalkan desa mereka.

Sekumpulan monyet yang memiliki badan yang besar-besar membuat kaum ibu banyak yang takut pergi berkebun atau berladang ke lembah apalagi sendirian.




Herman mengatakan dalam rangka kelangsungan lahan pertanian ini, kami warga masyarakat petani Sipirok berharap kiranya adanya perhatian dari pihak terkait atau pemerintah daerah agar hama monyet ini bisa diminimalisir.

Karena kejadian ini, kami tidak menginginkan adanya kejadian korban yang diakibatkan oleh keberadaan hama monyet di dearah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.